Langsung ke konten utama

Proposal Cirebon Menuju Smart City

www.tripadvisor.co.id


Tekanan jumlah penduduk dari waktu ke waktu telah membuat berbagai kota di dunia menghadapi berbagai macam persoalan yang kurang lebih sama, antara lain peningkatan polusi, keterbatasan sumber daya, keterbatasan sarana prasarana, tata kelola lingkungan yang buruk, kebijakan pemerintah yang kurang efisien, serta tuntutan pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.

Seiring perkembangan teknologi informasi, digitalisasi dalam bentuk adaptasi teknologi dan konektivitas internet ke dalam tata kelola kota diharapkan mampu mengatasi berbagai macam persoalan tersebut melalui peningkatan efisiensi, inovasi, produktivitas, perluasan jangkauan dan penghematan biaya.

Konsep Smart City

Kota yang mengaplikasikan teknologi digital ke dalam kegiatan operasionalnya. Itulah gambaran sederhana mengenai konsep smart city. Namun lebih dari sekedar pengadopsian teknologi digital, pemanfaatan teknologi dan komunikasi (TIK) diharapkan mampu meningkatkan kinerja layanan perkotaan dan kualitas hidup masyarakat secara lebih efektif dan efisien.

Setidaknya ada tiga kriteria yang mengukur keberhasilan sebuah kota dalam upaya mewujudkan smart city, yaitu aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek lingkungan. Dari segi ekonomi, smart city adalah kota yang mampu menggali dan memaksimalkan seluruh sumber daya dan potensi lokal yang dimiliki untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat. Dari segi sosial, smart city adalah kota yang mampu memberikan keamanan, kenyamanan dan kemudahan akses bagi setiap elemen masyarakat dalam berinteraksi. Dari segi lingkungan, smart city adalah kota yang mampu menyediakan ruang (publik maupun pribadi) yang sehat dan layak huni, serta hemat energi.

Potensi Cirebon Menuju Smart City

Kota Cirebon merupakan kota mandiri terbesar kedua di Provinsi Jawa Barat. Letaknya yang berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang lebih dikenal sebagai jalur Pantura, membuat Cirebon masuk ke dalam daftar kota tersibuk di tanah air. Kesibukan itu lantaran Cirebon melayani warga yang melintas di jalur Pantura dan singgah sementara waktu di Kota Udang tersebut, sebelum melanjutkan perjalanan ke kota tujuan.

Seiring berjalannya waktu, Cirebon tak lagi sekedar ‘kota persinggahan’ bagi warga yang kebetulan melintas di Jalur Pantura, namun menjelma kota yang menyediakan ‘ladang emas’ bagi para pelaku bisnis untuk berinvestasi. Ladang emas itu antara lain letak kota Cirebon yang strategis, wisata religi, tempat bersejarah, batik trusmi, kuliner dan berbagai potensi lainnya. Ketertarikan investor untuk menggali ‘ladang emas’ itu terlihat dari maraknya pembangunan fisik seperti mal, hotel, perumahan mewah, dan tempat pariwisata.

Namun demikian, sebuah kota belum ‘pantas’ menyandang predikat smart city jika hanya mementingkan pembangunan fisik yang memberikan keuntungan sektoral semata, akan tetapi memberikan keuntungan menyeluruh di berbagai aspek kehidupan.

Sebagai contoh, pembangunan Aston Hotel Cirebon semestinya tidak sekedar memberikan keuntungan bagi pengusaha hotel, namun lebih dari itu memberikan keuntungan bagi sektor usaha lainnya yang menyasar pertumbuhan ekonomi kerakyatan, semisal kuliner dan pariwisata. Jika tujuan itu telah tercapai, maka pembangunan fisik baru boleh dikatakan berhasil dari segi ekonomi. 

http://www.agoda.com
Namun demikian, belum bisa dikatakan berhasil jika ditinjau dari segi sosial-budaya. Untuk mencapai keberhasilan itu, Aston Hotel Cirebon bisa menyediakan menu sarapan gratis khas Cirebon. Untuk makanan, pihak hotel bisa menyuguhkan sega lengko atau sega jamblang, sedangkan untuk minuman, Tjampolay adalah pilihan yang tepat untuk melengkapinya. Sebagai alternatif, Aston Hotel Cirebon bisa bekerja sama dengan pengusaha-pengusaha daerah untuk menambahkan fasilitas berupa restoran yang khusus menyediakan kuliner khas Cirebon, lalu dilengkapi hiburan gratis berupa pertunjukan khas Cirebon, semisal Tarling, Tari Topeng Cirebon, Sintren, Kesenian Gembyung, dan Sandiwara Cirebonan.
Masih dalam aspek sosial-budaya, Aston Hotel Cirebon juga bisa bekerja sama dengan pengusaha batik trusmi, Pasar Kue Setu, kawasan wisata ziarah atau wana wisata seperti Belawa, Situ Sendong, atau lainnya. Dengan fasilitas berupa delman wisata yang sudah tersedia di Aston Hotel Cirebon, pengunjung hotel bisa ditawarkan paket-paket wisata tertentu ke tempat-tempat wisata di Cirebon. Salah satunya Taman Sari Gua Sunyaragi berikut ini.
Dari segi lingkungan, Aston Hotel Cirebon sudah cukup baik memberikan ruang terbuka berupa fasilitas Bicycle Pump Track dengan sepeda dan becak yang disewakan secara gratis. Sebagai tambahan, Aston Hotel Cirebon bisa menerapkan teknologi tertentu untuk meminimalisir pengunaan sumber daya, terutama listrik dan air sebagai upaya penghematan energi.

Implementasi Cirebon Smart City

Salah satu ahli smart city, Boyd Cohen membagi smart city ke dalam 6 indikator utama, yaitu; smart economy, smart mobility, smart environment, smart people, smart living dan smart governance.

Smart Economy

Salah satu upaya pemerintah kota Cirebon mewujudkan smart economy adalah digitalisasi permohonan izin usaha seperti yang terdapat di situs cirebonkab.go.id sebagai berikut. 


Kemudahan akses perizinan ini diharapkan mampu mendorong produktivitas dan persaingan masyarakat sehingga memicu inovasi-inovasi di bidang bisnis.

Akan tetapi smart economy tidak sekedar pengadopsian teknologi digital ke dalam praktik perizinan semata, melainkan banyak faktor lainnya yang menjadi penentu keberhasilan suatu wilayah dalam upaya mewujudkan smart economy.

Pembangunan mal secara besar-besaran dengan mengabaikan peningkatan dan perkembangan pasar tradisional semisal Pasar Kue Setu dan Batik Trusmi merupakan salah satu ciri pembodohan ekonomi. Mengapa demikian? Karena di Pasar Kue Setu dan Batik Trusmi terdapat ratusan rakyat Cirebon yang menggantungkan hidup di sana, sedangkan mal-mal besar hanya memiliki satu kepemilikan saja. Pemerintah harus bertindak cepat mengatasi berbagai persoalan yang menyangkut perkembangan dan kemajuan pasar tradisional melalui pemanfaatan teknologi. Semisal membuat aplikasi khusus Pasar Kue Setu dan Batik Trusmi untuk menghubungkan konsumen dan penjual secara online.

Pembodohan ekonomi juga terlihat dari maraknya pusat-pusat perbelanjaan yang berbanding terbalik dengan sepinya pembangunan industri. Padahal kemajuan ekonomi tidak diukur dari seberapa besar konsumsi suatu masyarakat, melainkan produktifitasnya. Perlu adanya dorongan/motivasi dari diri sendiri maupun pihak-pihak luar sebagai modal utamanya, termasuk kreatifitas dan inovasi.

Dalam hal ini, Komunitas Blogger Cirebon telah mendorong produktifitas masyarakat Cirebon melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan motivasi, bimbingan dan pendidikan kepada masyarakat dengan menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan pemberdayaan ini pula, masyarakat diharapkan mampu melakukan inovasi-inovasi di berbagai bidang, semisal tahu gejrot yang menjadi salah satu kuliner khas Cirebon. Tahu gejrot dibuat sedemikian rupa sehingga bisa dijual dalam bentuk kemasan dan dipasarkan ke seluruh kota di Indonesia, bahkan mancanegara.

Smart Mobility

Dalam karyanya berjudul Konsep Smart City; Smart Mobility, Hendro Muliarto menyatakan bahwa smart mobility adalah sebuah kota dengan sistem pergerakan yang sesedikit mungkin, hambatan yang serendah mungkin, dan waktu tempuh sesingkat mungkin. Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat dan Tol Cikapali adalah dua di antara pembangunan sarana transportasi yang diharapkan mampu meningkatkan mobilitas dan pada akhirnya peningkatan ekonomi kerakyatan.

Namun pembangunan dua sarana itu saja tidak cukup untuk mewujudkan smart mobility, melainkan sebuah sistem transportasi yang mampu menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna, pengaturan kegiatan transportasi yang efektif dan efisien, serta transportasi yang ramah lingkungan.

Beberapa upaya yang diharapkan mampu mewujudkan konsep smart mobility antara lain:

Penerapan sertifikasi emisi dan komponen kendaraan untuk mengurangi dampak lingkungan dan mencegah kecelakaan.

Mengalihkan kendaraan pribadi ke angkutan umum melalui perbaikan sarana/prasarana transportasi dan infrastruktur, mengintegrasikan antara satu jenis angkutan umum ke angkutan lainnya untuk tujuan-tujuan tertentu, pengaturan standar tarif angkutan umum kepada pemerintah, perancangan rute angkutan umum oleh pemerintah untuk  mencegah rute illegal dan penerapan kartu pintar yang dapat digunakan untuk semua jenis angkutan umum.

Pengaplikasian ITS (intelligent transportation system). Beberapa manfaat dari aplikasi ITS antara lain; memungkinkan pengendara membuat keputusan tentang rute yang hendak dipilih, menjaga kendaraan dalam jarak yang aman, memberikan informasi mengenai batas kecepatan, tanda kelelahan, memberi informasi mengenai waktu pelayanan kendaraan umum, dan sebagainya.

Penerapan sistem bahan bakar yang ramah lingkungan untuk semua jenis kendaraan. Penerapan teknologi informasi yang mampu mencegah pemborosan bahan bakar dan menyaring polusi udara serta polusi suara dari kendaraan umum.

Penerapan bus khusus bagi penumpang disabilitas.

Pemasangan CCTV untuk memantau lalu lintas.

Smart Environment

Smart Environment adalah lingkungan yang mampu memberikan kenyamanan, keindahan fisik maupun non fisik, serta keberlanjutan sumber daya bagi masyarakat. Ketersediaan ruang terbuka hijau menjadi salah satu kriteria smart environment sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang dan Peraturan Menteri PU No.05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan. Sejauh ini, keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Cirebon hanya sekitar 9% saja, jauh di atas ketentuan yang seharusnya yakni 30% dari lahan perkotaan.

Selain penyediaan RTH, penerapan teknologi informasi semisal alat pengendali irigasi jarak jauh, alat pendeteksi kebakaran hutan, alat pemantau kerusakan lingkungan, aplikasi pengaduan pelaku perusak lingkungan, dan sebagainya juga mampu mendukung terwujudnya smart environment di kota Cirebon.

Smart People

Ada tiga modal penting dalam setiap pembangunan, yakni modal ekonomi, modal manusia dan modal sosial. Modal ekonomi bisa diperoleh melalui dana pribadi, kemudahan akses kredit usaha rakyat, pemberian modal bergilir maupun dana hibah. Modal manusia didapat melalui program-program pelatihan dan pengembangan UMKM, ketersediaan pusat data dan informasi, serta pembentukan komunitas-komunitas positif semisal Komunitas Blogger Cirebon. Sementara modal sosial meliputi kepercayaan, gotong royong, toleransi, tolong menolong, dan partisipasi publik dalam pengambilan keputusan dan pembangunan.

Dari tiga komponen penting itu, modal manusia adalah aspek terpenting dalam upaya mewujudkan smart city. Ketersediaan infrastruktur yang terhubung dengan internet mempermudah manusia untuk menggali dan mengolah informasi dari berbagai belahan dunia sehingga memicu kreatifitas, inovasi dan peluang-peluang yang pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah bisa bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa layanan internet Smarfren 4G LTE untuk mendirikan pusat data, penyediaan fasilitas wifi di setiap ruang publik melalui aplikasi khusus semisal Cirebon wifi yang dapat diunduh secara gratis melalui perangkat komputer maupun mobile, dan membangun pusat kreatifitas digital khusus warga Cirebon melalui kerja sama dengan Komunitas Blogger Cirebon.

KomunitasBlogger Cirebon sendiri merupakan suatu perkumpulan anak-anak muda Cirebon yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat dan edukasi tentang dunia internet. Melalui website www.Rebon.Org, Komunitas Blogger Cirebon berupaya menampung sebanyak-banyaknya partisipasi dan ide masyarakat untuk kemajuan Cirebon. Setiap awal bulan, KomunitasBlogger Cirebon juga mengajak penggiat blog untuk bertatap muka langsung dan melakukan diskusi mengenai dunia blogging.

http://www.rebon.org
Pemerintah semestinya mengapresiasi komunitas ini dengan memberikan dukungan berupa fasilitas ruang khusus untuk pertemuan dan perkembangan komunitas berbasis teknologi 4G LTE Advanced. Dengan teknologi ini, memungkinkan masyarakat menikmati layanan 4G LTE lebih optimal dengan jangkauan wilayah yang luas, akses internet super cepat dan lebih stabil dibandingkan operator lainnya.

Smart Living

Smart Living mengacu pada tingkat kualitas hidup seseorang. Kualitas hidup yang mencerminkan smart living bisa diukur melalui beberapa indikator, yaitu kesehatan, perumahan, perkantoran, persampahan, sumber air, keanekaragaman hayati, mobilitas, dan teknologi.

Di bidang kesehatan, pemerintah Cirebon sudah cukup baik menyediakan call center Dinas Kesehatan yang dapat diakses melalui situs cirebonkab.go.id berikut ini.



Di bidang perumahan, pemerintah Cirebon bisa mengupayakan untuk membangun/merenovasi perumahan di Cirebon menjadi perumahan hijau. Konsep rumah hijau sendiri merupakan sebuah konsep rumah yang memaksimalkan pemanfaatan udara dan cahaya secara alami dengan tujuan penghematan energi. Pemilihan material bangunan yang ramah lingkungan, keberadaaan taman dalam atau atap rumah, penggunaan lampu hemat energi, penghematan energi listrik dan pemanfaatan energi surya sebagai alternatif pemanfaatan energi listrik juga termasuk dalam konsep ini.

Di bidang persampahan, masyarakat harus lebih banyak berperan dalam upaya mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi. Di bidang sumber air, masyarakat juga berperan dalam upaya penyediaan air bersih melalui penampungan air hujan, menjaga kebersihan sungai dan pembuatan lubang biopori.

Smart Governance

Smart Governance adalah suatu sistem pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintah dalam memberikan pelayanan publik secara lebih cepat, lebih baik dan lebih murah baik secara internal (birokrasi) maupun eksternal (masyarakat) melalui e-government dan e-democracy.

E-government adalah sebuah sistem pemerintahan yang memberikan layanan publik secara online melalui aplikasi tertentu. Aplikasi ini memungkinkan publik mendapatkan informasi mengenai penyelenggaraan pemerintah secara aktual dan mendapatkan pelayanan tanpa harus bertemu secara fisik.

Beberapa manfaat dari penerapan e-government seperti dilansir situs http://diskominfo.cirebonkab.go.id antara lain:

Meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder di berbagai aspek kehidupan, terutama dalam hal efektivitas dan efisiensi. Aplikasi akta online adalah salah satu bentuk pelayanan pemerintah Cirebon terhadap masyarakat melalui situs cirebonkab.go.i.


Meningkatkan transparansi, kontrol publik, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah sebagai upaya penerapan good governance. Berikut ini salah satu bentuk transparansi pemerintah kota Cirebon dalam kaitannya penyelenggaraan pemerintah:


Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya. Pemerintah Cirebon bisa belajar dari Pekalongan dalam hal pengembangan aplikasi untuk kebutuhan tersebut, antara lain aplikasi government to government (G2G), government to business (G2B), dan government to citizen (G2C).

Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan.

Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada. Pemerintah Cirebon bisa memulainya dengan membuat akun pengaduan di berbagai situs jejaring sosial sebagai sarana menampung keluhan dan informasi dari masyarakat.

Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis. Melalui kerja sama yang apik antara pemerintah dengan Komunitas Blogger Cirebon, tampaknya permasalahan ini tidak menjadi sulit.

Beberapa kendala dalam upaya mewujudkan smart city antara lain:


Kesenjangan SDM TIK antara masyarakat kota dan desa;

Ketidakmerataan pembangunan infrastruktur berbasis teknologi informasi di berbagai daerah;

Lemahnya kebijakan nasional dan ketidakpastian hukum mengenai teknologi informasi;

Lemahnya komitmen pemerintah untuk mewujudkan smart city;

Kurangnya partisipasi publik yang menyebabkan pengembangan smart city berjalan lambat;

Strategi dan solusi untuk meminimalisir kendala:


Melakukan sosialisasi secara menyeluruh, berkelanjutan dan konsisten kepada masyarakat. Pemerintah bisa bekerja sama dengan Komunitas Blogger Cirebon dalam upaya edukasi kepada masyarakat Cirebon di bidang internet;

Mempercepat pembangunan infrastruktur berbasis teknologi informasi dengan melakukan kerja sama dengan perusahaan penyedia jasa layanan internet Smarfren 4G LTE;

Perancangan peraturan daerah, penerbitan, penegakan dan pengendalian hukum mengenai pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya perwujudan smart city;

Meningkatkan partisipasi publik melalui penyuluhan, lomba-lomba kreatifitas semisal lomba blog Cirebon Menuju Smart City, insentif terhadap pengusaha yang ikut berperan aktif dalam pengembangan smart city semisal Aston Hotel Cirebon, dan sebagainya.

Namun demikian, strategi tersebut hanya dapat melalui visi dan misi yang jelas, perencanaan yang matang, pengorganisasian yang tertata rapi, pelaksanaan yang serius dan komitmen yang sungguh-sungguh. Dan semua itu tidak bisa dilakukan oleh satu atau beberapa pihak saja, melainkan oleh semua stakeholder baik di lingkungan Pemkab Cirebon, pengusaha, maupun masyarakat. Melalui kolaborasi yang apik dan mesra oleh seluruh stakeholder, semoga proposal Cirebon Menuju Smart City segera di-ACC dan terwujud.  


Komentar

  1. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  3. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Yang Maha Kuasa atas apa yang Dia gunakan untuk Ibu Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di indonesia, saya adalah seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan Sejak saat itu kehidupan menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa tahun untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki agunan dan tidak dapat memperoleh pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    Pada hari yang penuh dedakan ini saat saya melewati internet, saya melihat kesaksian Annisa tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Rossa dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang perusahaan pinjaman ibu Rossa dan betapa benarnya pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ibu Rossa dan setelah mengajukan aplikasi pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa rekening saya, uang pinjaman saya utuh dan saya sangat bahagia dan saya telah berjanji bahwa saya akan membantu untuk memberi kesaksian kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda Bisa juga hubungi saya via email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi serta teman-teman Annisa Barkarya via email: annisaberkarya@gmail.com

    BalasHapus
  4. Kami CREDIT FINANCIAL GROUP memberikan kredit / pinjaman kepada semua klien terhormat kami yang telah kehilangan harapan untuk mencapai kemandirian finansial bahkan dengan nilai nol kredit Anda bisa menjadi dermawan kaya saat Anda melalui layanan keuangan yang akan kami berikan kepada kamu. Lupakan tentang kedatangan singkat finansial yang telah Anda hadapi dengan fokus pada kami dan kami meyakinkan dan menjamin bahwa tidak ada yang bisa menyamai kehidupan kredit Anda saat pinjaman Anda telah dicairkan dalam waktu sesingkat mungkin karena semua proses kami sangat fleksibel dan ramah Harap hubungi kami segera melalui email kami: [creditfinancialgroup01@gmail.com] BBM-INVITES={DDA46523}

    BalasHapus
  5. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  6. Kami adalah organisasi hukum yang dibuat untuk membantu Orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan dalam gejolak keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam lebih banyak Masalah dari lokal bank, hubungi kami hari ini melalui Email: di catherinewilliamloancompany@gmail.com

    Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com


    Aplikasi pinjaman meliputi:

      Nama: _________
      Alamat: _________
      Negara: _________
      Okupasi: _________
      Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: __________
      Tujuan Pinjaman _________
      jangka waktu kredit__
      Penghasilan bulanan: _________
    Telepon: _________

    Silakan hubungi kami melalui e-mail

    Email kami: catherinewilliamloancompany@gmail.com

    BalasHapus



  7. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus
  8. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang CREDIT UNION DAYA LESTARI di salah satu blog saya menghubungi CREDIT UNION DAYA LESTARI konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    Calls Only ::{+12542276869}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    BalasHapus
  9. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  10. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  11. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak peminjam pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa ada tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan apa pun sehingga saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam kehidupan dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  12. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN COMPAMY di salah satu blog saya menghubungi ISKANDAR LESTARI LOAN COMPAMY konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    Calls Only ::{ 12542276869}
    WhatsApp Only::{ 33753893351}

    BalasHapus
  13. ARE YOU SEARCHING TO HIRE THE LEGIT HACKERS?
    AND HAVE YOU LOST YOUR HARD EARNED FUNDS TO THE BINARY OPTION SCAM?
    Solving a problem for which you know there’s an answer is like climbing a mountain with a guide, along a trail someone else has laid. This is a global idea that navigates a newbie Fall down the rabbit hole ( Fully immersed to a degree that the subject in question Is a disorienting worthwhile experience on merits).
    welcome to the Globalhacks where skilled professional hackers who are driven by passion to make the internet a safer place and rendering proficient help to those having cyber problems. We have acquired best legit cybersecurity professionals who individually has acquired enormous exposure in the world of HACKING, trained & skilled in
    ▪Social media hacks (facebook, twitter, instagram,snapchat)
    ▪Email hacks
    ▪phone hacks
    ▪verified PayPal account hacks
    ▪database hacks
    ▪credit card top up
    ▪university score upgrade
    ▪money transfer
    ▪binary option funds recovery.
    The binary option is a wide field of concentration cause a lot of people have lost thier hard earned funds to forgeries.
    Be wary of adverts on the internet and mostly on social media promising high returns from binary options trading. The binary option is one of the highly recorded scam on the internet.The Binary options are a form of fixed-odds betting. Particularly a trade involving if an event will occur or not and the result is either positive or negative.
    If the investor is right, then they stand a solid chance of winning and should see a return of the funds invested but if they are wrong, they lose thier full funds invested. The Globalhacker are breeding effort to put an end to these unbearable swindle scheme taking over the intenet and taking a solid step forward to render solution to those affected by the fleece… we have striven to make tenacious effort to relief those who were victims off their traumatic feeling of loss. ( We Are Here To Help Recover Your Stolen Funds).
    Here would be our cybersecurity techniques to retrieving back the victims funds.
    ●The binary broker website would be traced down using a game over peer to peer network via a bug attack,
    What's the use of these bug networks?
    They secure an SQL trace on a hiding server, decentralizing it and redirecting the server to a soft plus network. A soft plus network enable varieties of unique web coding languages, Through that process reveals thier hidden networking source, displaying the changed web page made default.
    In that process unveil the hiding information traceable to track down the scammers and their embezzled central fund reserve system.
    You can stay away from false businesses online, to be highly oned firm by making enquiries for their firm reference number (FRN) and contact details and barter their calls on the switchboard number and also never make use of the link in a website or an email from the firm propitiating you for an investment.
    For more enquiries and help, contact globalhacktechATgmailDOTcom.
    BinaryOption.recoveryATcyberservicesDOTcom
    HackerOne©️LLC 2019.

    BalasHapus
  14. Halo, saya seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi dengan topik smart city, kalau boleh tau, darimana sumber/ referensi saudara untuk membuat keenam indicator tersebut ? Jika boleh tolong bantu saya, berhubung selama ini saya sudah mengetahui ke enam idnikatir tersebut, tapi sumber yg saya dapatkan tidak melampirkan indicator tersebut teori siapa. Terima kasih .

    BalasHapus
  15. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

    Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
    dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

    Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019

    tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

    Nama saya Budiwati Permata
    Pinjaman saya adalah 800 juta
    Christael Missan perusahaan investasi pinjaman
    Instagram: Christabel Missan
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Nomor Whatsapp +15614916019

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Big Data dan IoT, Dua Teknologi Pendukung Smart City

Perubahan zaman yang terjadi begitu cepat, perpindahan penduduk secara besar-besaran dari desa ke kota dan persaingan global yang kian tak terbendung telah menciptakan beragam persoalan di kota-kota besar di seluruh dunia, seperti kemacetan, kemiskinan, kriminalitas, kerusakan lingkungan dan sebagainya. Di sisi lain, perkembangan teknologi mutakhir dan jaringan internet yang meluas telah menciptakan peluang tersendiri bagi para pelaku bisnis maupun pelaku kepentingan publik. Dari dua fenomena besar itulah kemudian muncul gagasan Smart City. Smart City adalah sebuah gagasan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pengelolaan sumber daya secara efektif dan efisien, salah satunya melalui pemanfaatan teknologi informasi. Smart City menjadi solusi atas berbagai kendala yang dihadapi pemerintah dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang melingkupi sebuah kota. Teknologi Internet Of Things (IoT) Sumber Gambar Internet of things adalah sebuah gagasan untu

Setangkup Mimpi Bersama Mama

Mama dulu bermimpi, menyaksikan anak Mama berdiri di atas panggung sambil memegang piala.  Lalu Mama diminta untuk berdiri di samping anak Mama disambut riuh tepuk tangan orang banyak. Wah, pasti bangga sekali memiliki anak yang berprestasi. Pernyataan itu begitu menusuk hatiku. Betapa aku telah gagal mewujudkan impian sederhana Mama. Bukan berarti aku tidak mencoba untuk mewujudkannya. Namun setiap kali mencoba, aku selalu gagal. Bahkan hingga lulus SMA, belum ada satupun piala yang berhasil aku bawa pulang. Akankah aku menyerah? Tentu saja tidak. Justru pernyataan itu menamparku untuk berusaha lebih keras lagi. Aku mengikuti beragam lomba menulis dan beberapa kali memenangkannya. Sayang, tidak ada awarding ceremony sehingga impian untuk berdiri sambil memegang piala di hadapan banyak orang masih belum terwujud. Hingga suatu ketika, aku mendapat telepon dari panitia lomba untuk menghadiri acara penganugerahan pemenang lomba blog di Jakarta. Seketika perasaanku membumbung tinggi

Dedikasi 60 Tahun Astra, Inspirasi Keberlanjutan Menuju Kebanggaan Bangsa

Menjejaki usia 60 tahun bagi sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Tidak banyak perusahaan mampu selamat dari badai krisis bersejarah 1998 yang membangkrutkan perekonomian nasional. Satu dari sedikit bisnis yang mampu bertahan itu adalah Astra. Meski tertatih, Astra membuktikan diri bangkit dan berkembang pesat hingga berhasil menjadi salah satu perusahaan terbaik regional dalam kurun waktu kurang dari 60 tahun. Dari hanya memiliki empat karyawan, kini jumlah karyawan Astra telah membengkak hingga 221.046 yang bekerja di 198 perusahaan Grup Astra. Aktivitas bisnis Grup Astra pun berkembang pesat meliputi enam lini bisnis, yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan agribisnis, infrastruktur, logistik serta teknologi informasi. Pengalaman menghadapi krisis 1998 dan kemapanan finansial yang baik membuat Astra lebih tangguh menghadapi badai-badai selanjutnya, termasuk tantangan melemahnya perekonomian global sepanjang tahun 2015 lalu. Astra bahkan masih sangg