Langsung ke konten utama

Menyulap ‘Neraka’ Jakarta Menjadi ‘Surga’



www.republika.co.id


Jakarta sudah menjadi neraka bagi warganya. Kemacetan dan kecelakaan lalu lintas menjadi cerita sedih yang tak berujung. Tidak melulu karena volume kendaraan yang tak diimbangi sarana jalan yang memadai. Lebih dari itu, kemacetan dipicu perilaku buruk pengendara dan kualitas manajemen jalan raya yang buruk.

Solusinya?

Ketegasan Hukum

Parkir di tepi jalan, menggunakan jalur yang tidak semestinya, memotong jalur adalah tindakan yang memicu kemacetan. Tidak memakai helm, kendaraan tua atau tak sesuai standar, kebut-kebutan, kendaraan dengan muatan melebihi batas memicu kecelakaan yang berujung kemacetan. Polisi harus bersikap tegas dan memberikan sanksi atas tindakan menyimpang tersebut. 

metro.news.viva.co.id


Mengaplikasikan Lalin Canggih

www.sakamautoservice.com

Pada jam-jam sibuk, keberadaan lampu lalu lintas cukup memperparah tingkat kemacetan. Baiknya, Jakarta mengaplikasikan lampu lalu lintas yang dilengkapi dengan adaptive signals yang mampu mendeteksi tingkat kemacetan sebuah jalan. Ketika terjadi kemacetan, lampu merah akan bekerja lebih cepat dan semakin cepat apabila kemacetan semakin parah.

Rekayasa Lalin

-Memisahkan jalur pejalan kaki, pengendara sepeda, pengemudi motor dan mobil.

-Kendaraan dengan muatan besar/berat diberikan jalur khusus karena umumnya melaju dalam kecepatan rendah yang berpotensi memperparah kemacetan.

-Memberikan ketetapan mengenai kecepatan kendaraan bermotor, semisal 50 km/jam.

-Pada jam-jam sibuk, polisi terjun ke lapangan untuk mengatur arus kendaraan, memecah kemacetan dengan mengalihkannya ke lajur alternatif supaya tak terjadi kemacetan panjang.

Bersepeda

Sehat, tidak berpolusi, tidak perlu BBM, murah, dan hemat ruang (separuh dari motor dan sepertiga dari mobil), itulah sedikit keuntungan dari penggunaan sepeda. Jika 50% warga menggunakan sepeda sebagai moda transportasinya, tentu kemacetan sudah bisa terurai. Sebagai teladan, baiknya aparat kepolisian menggunakan sepeda sebagai kendaraan operasionalnya. 

www.tribunnews.com

Sedikit saran dari saya semoga bisa membantu mengatasi kemacetan di ibukota.

Komentar

  1. lalin itu... memang menjadi masalah tersendiri di ibukota. sebagai anak jakarta, saya sangat merasakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semestinya pemerintah tegas, wajibkan warga Jakarta untuk beralih ke sepeda sebagai kendaraan pribadi atau jika ingin lebih efisien menggunakan kendaraan umum. Tapi konsekuensi dari semua itu, pemerintah harus menyediakan fasilitas kendaraan umum yang memadai dan sesuai standar, perbaikan dan pelebaran jalur sepeda serta fasilitas parkir sepeda yang memadai.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setangkup Mimpi Bersama Mama

Mama dulu bermimpi, menyaksikan anak Mama berdiri di atas panggung sambil memegang piala.  Lalu Mama diminta untuk berdiri di samping anak Mama disambut riuh tepuk tangan orang banyak. Wah, pasti bangga sekali memiliki anak yang berprestasi. Pernyataan itu begitu menusuk hatiku. Betapa aku telah gagal mewujudkan impian sederhana Mama. Bukan berarti aku tidak mencoba untuk mewujudkannya. Namun setiap kali mencoba, aku selalu gagal. Bahkan hingga lulus SMA, belum ada satupun piala yang berhasil aku bawa pulang. Akankah aku menyerah? Tentu saja tidak. Justru pernyataan itu menamparku untuk berusaha lebih keras lagi. Aku mengikuti beragam lomba menulis dan beberapa kali memenangkannya. Sayang, tidak ada awarding ceremony sehingga impian untuk berdiri sambil memegang piala di hadapan banyak orang masih belum terwujud. Hingga suatu ketika, aku mendapat telepon dari panitia lomba untuk menghadiri acara penganugerahan pemenang lomba blog di Jakarta. Seketika perasaanku membumbung tinggi

Dedikasi 60 Tahun Astra, Inspirasi Keberlanjutan Menuju Kebanggaan Bangsa

Menjejaki usia 60 tahun bagi sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Tidak banyak perusahaan mampu selamat dari badai krisis bersejarah 1998 yang membangkrutkan perekonomian nasional. Satu dari sedikit bisnis yang mampu bertahan itu adalah Astra. Meski tertatih, Astra membuktikan diri bangkit dan berkembang pesat hingga berhasil menjadi salah satu perusahaan terbaik regional dalam kurun waktu kurang dari 60 tahun. Dari hanya memiliki empat karyawan, kini jumlah karyawan Astra telah membengkak hingga 221.046 yang bekerja di 198 perusahaan Grup Astra. Aktivitas bisnis Grup Astra pun berkembang pesat meliputi enam lini bisnis, yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan agribisnis, infrastruktur, logistik serta teknologi informasi. Pengalaman menghadapi krisis 1998 dan kemapanan finansial yang baik membuat Astra lebih tangguh menghadapi badai-badai selanjutnya, termasuk tantangan melemahnya perekonomian global sepanjang tahun 2015 lalu. Astra bahkan masih sangg

Jejak Perjuangan Fatmawati, Sang Perajut NKRI #FatmawatiPerajutNegeri #PahlawanBengkulu

Rumah panggung yang terletak di Jalan Fatmawati Nomor 10 Kota Bengkulu itu tampak lengang seperti biasanya. Hanya petugas dan sesekali pengunjung yang bertandang ke bangunan tua nan asri tersebut. Gurat sejarah yang terukir di sudut-sudut ruangan seolah gagal membangkitkan minat masyarakat untuk menggali lebih dalam sosok ibu negara pertama ( first lady -nya) Indonesia tersebut. Padahal seperti pejuang lainnya, Fatmawati memiliki peran penting dalam proses kelahiran bangsa Indonesia. Maka dari itu, menjelang hari pahlawan ini, saya ingin mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh sosok Fatmawati sebagai salah satu pahlawan nasional wanita di Indonesia. Merajut Cinta dan Asa untuk Indonesia Bersama Bung Karno Setelah menikah secara wali pada bulan Juni 1943, Fatmawati menyusul sang suami ke Jakarta dan bergabung bersama para pejuang lainnya untuk turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bersama sang suami, Fatmawati kerapkali mengeluarkan pendapatnya mengenai langkah-l